//Mengenal ‘bucin’ Lewat Bon Jovi
bon jovi bucin

Mengenal ‘bucin’ Lewat Bon Jovi

Spread the love

Pura-pura nggak (mau) tahu istilah populer atau tren terbaru itu nggak keren tau. Jadi, dari pada tersesat, mari kita belajar 1 kata baru per minggu bersama bukangamer. Kata minggu ini adalah ‘bucin’.

Pertama, mari kita cek apakah arti ‘bucin’ secara etimologi. Hasil pencarian gw di Google sih, kek gini.

Jadi, bucin itu sama sekali nggak ada hubungannya sama buncit, bundir, bunting, atau apapun itu. Bucin itu kependekan dari budak cinta. Tapi, sebelum lo mengklaim diri lo sendiri bucin, mari kita bahas lebih detail lagi. Soalnya kalo masalah budak cinta aja sih, Vickeblanka juga bilang dia Slave of Love.

Untuk memudahkan, mari kita mengenal istilah bucin lewat lagu-lagu Bon Jovi. Yap, mereka terkenal dengan lagu-lagu cinta yang sangat mendayu-dayu. Gw bakal pilih 3 lagu mereka yang paling mendefinisikan istilah bucin.

Lie to Me

Bucin itu bukanlah sekadar pecinta, tapi lebih ke arah mencintai tanpa nalar (kek yang ditulis mojok.co) dan seringkali tak berbalas.

Lagu Lie to Me ini memang sangat mendefinisikan seorang lelaki yang begitu diperbudaknya sama cinta, sampai rela menjadi delusional. Nggak percaya? Coba cek reffnya.

If you don’t love me, lie to me
‘Cause baby you’re the one thing I believe
Let it all fall down around us, if that’s what’s meant to be
Right now if you can’t love me baby, lie to me

Nah, “if you don’t love me, lie to me”, nggak tuh.

I’ll Be There for You

Dari judulnya aja udah cukup mewakili, sih. Klise, tapi kalo lo melihat lebih dalam ke liriknya. Masih cheesy juga, sih. Mau lihat?

I’ll be there for you, these five words I swear to you
When you breathe, I want to be the air for you
I’ll be there for you
I’d live and I’d die for you
I’d steal the sun from the sky for you

Yap, dia siap jadi apa aja dan ngapain aja buat si terkasih. Tapi lagunya enak sih, coba deh denger.

Always

Lagu ikonik dari Bon Jovi ini yang mewarnai playlist radio dan MTV kala itu memang sangat mendayu-dayu. Lagu ini menjelaskan bagaimana kehilangan cinta bisa membuat seorang laki-laki kuat menjadi lemah. Nggak percaya?

It’s been raining since you left me
Now I’m drowning in the flood
You see I’ve always been a fighter
But without you I give up

Biasanya dia fighter, tanpa kasihnya, dia jadi mage. Eh, maksudnya dia menyerah.

Verdict

Eh, iya. Ini bukan review film, ga perlu verdict. Tapi gw mau merangkum penggalan lirik lagu di atas aja, sih. Jadi, ‘bucin’ bukanlah istilah yang positif. Bucin adalah sebutan untuk seseorang yang mencintai tanpa memikirkan konsekuensi dan seringkali nggak memedulikan sekitarnya. Mencintailah sewajarnya, jangan jadi bucin yang diperbudak cinta. Mending jadi budak adsense, ada duitnya. Nggak juga, ya?

Bonus nih, supaya kalian lebih memahami soal bucin. Playlist lagu-lagu paling ‘bucin’ dari Bon Jovi.