//Summer (sale) is Over

Summer (sale) is Over

Spread the love

Hai para Gamer dan Bukan Gamer sekalian. Bagaimana kabar saldo anda di bank? Masih cukup untuk makan sampai gajian bulan ini? Butuh pinjaman? Yak, Steam Summer Sale, sudah berakhir dan yang tersisa hanya penyesalan. Menyesal karena membeli, menyesal karena telat beli. Tapi ingat, seorang bijak pernah berkata, “Lebih baik menyesal setelah membeli, daripada menyesal karena tidak membeli.”

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=kJHU8DGALV8?feature=oembed&w=540&h=404]

Udah play video di atas? Ngga ada hubungannya sih sama game, apa lagi Summer Sale. Tapi lagu di atas cukup mewakili kondisi kantong kita masing-masing dan gw suka lagunya juga sih.

Oke. Kali ini gw mo ngebahas rekapan Summer Sale tahun ini versi On the Spot, maksud gw, versi gw sendiri. 

Awalnya, gw berencana untuk ‘puasa’ pada Summer Sale tahun ini. Karena seperti lo tahu, banyak film bagus yang rilis di 2 bulan ini (Jurassic World, Minions, Terminator Genisys, dll). Belum lagi gw harus nabung untuk persiapan masa depan Toys Big Sale yang siap memberondong saldo gw lagi bulan depan.

Sayangnya, karena game-game di wishlist gw terus diberikan diskon-diskon menarik. Belum lagi teman-teman gw yang terus membisiki gw dengan quote di atas. Akhirnya gw membatalkan ‘puasa’ gw dan belanja beberapa game. Oke, berikut 6 game terpilih versi On the Spot. Maksud gw, 6 game terpilih yang gw beli saat Summer sale kemarin. 

Torchlight II

Game pertama yang menjadi ta’jil gw adalah Torchlight II. Sebenarnya gw ngga benar-benar membeli game ini, karena game ini gw beli dengan hasil jerih payah(?) gw menjual game cards dari game yang sudah gw mainkan. Termasuk game cards yang gw dapet dari Monster Summer Game spesial dari Summer Sale kali ini. 

Torchlight II sendiri adalah sekuel dari game pendahulunya, Torchlight (ya iyalah, masa sekuelnya Arkham Asylum). Sebuah game Isometric-RPG (baru belajar termnya, gampangnya ini Diablo-style) besutan Runic Games. Game ini boleh dibilang jauh lebih bagus dibanding prekuelnya yang terkesan hanya copycat. Gw beli game ini karena, selain murah, saat itu gw lagi ngidam game semacam Diablo. Kenapa ga beli Diablo aja? Mahal pak!

Fight the Dragon

Awalnya, gw cuma mau beli Torchlight II aja yang gw dapatkan semi-gratis itu. Tapi sayangnya datang bisikan “Game Diablo-style juga nih. Beli 4-pack jadi cuma 13,500 per orang,” akhirnya gw kembali spending. Kali ini gw harus membayarnya dengan uang gw langsung.

Gamenya sendiri cukup menarik, sebuah game Isometric-RPG (ehm) dengan format dungeon-crawler (ehm) dan bisa dimainkan bersama rekan-rekan sejawat hingga total 4 pemain dalam 1 room. Selain itu, lo juga busa bikin custom map lo sendiri dan share ke komunitas game ini. Ya, community-based dungeon. Menarik? Memang. Sayangnya, karena setiap dungeon di sini terasa terlalu singkat, mungkin bakal membuat lo cepat bosan saat memainkannya.

Hero Siege

Game ini gw dapatkan gratis dari salah seorang teman gw (RasaStroberi) dengan iming-iming, “Ayo main Diablo 1!” Sekelebat gw menerima gift sebuah game yang tidak begitu gw kenal dengan tampilan kamera top-down (a la Nexia/Pokemon?). Terdapat banyak sekali pilihan class di sini dan terlihat sangat terinspirasi oleh Diablo. Ada class Amazon, Necromancer dan lainnya. Belum lagi logo game yang mirip dengan game Diablo pertama. 

Menarik? Yap. Gamenya cukup menarik dengan gameplay yang simple. Lo hanya berdiam di satu area dan tugas lo menghabisi wave monster yang datang. Beda dong sama Diablo? Iya. Cuma gimmick-nya aja kok yang sama.

Age of Empire II HD – The Forgotten

Kenal game ini? Mungkin kalau lo besar di akhir 90an atau awal tahun 2000, lo bakal kenal sama game ini. Ya, Age of Empire II. Game yang banyak membantu para pelajar masa itu untuk belajar tentang sejarah. Buat kalian yang belum tau, Age of Empire II dibuat versi reboot-nya dengan kualitas grafis yang lebih bagus dan dibuat kompatibel dengan OS modern sekarang. Ngga cuma itu, tahun ini mereka merilis sebuah expansion, The Forgotten. Betul. Setelah 15 tahun, mereka kembali merilis expansion dari game ini.

Well, game ini sudah sejak lama ada di wishlist gw. Karena gw ga begitu suka dengan sekuelnya (Age of Empire III), tentunya AoE II dengan engine yang disesuaikan dengan komputer modern pilihan yang sangat menarik buat gw. Oh ya, untuk expansion-nya sendiri memberikan campaign tambahan yang ngga kalah menarik dengan campaign Age of Kings dan The Conquerors.

DreadOut

Beberapa hari sebelum Summer Sale berakhir, gw melihat DreadOut diskon 75%. Namun, karena ‘puasa’ gw tadi, gw mencoba menahan diri untuk ngga membelinya. Sayangnya, godaannya terlalu kuat, dan akhirnya gw memutuskan untuk membelinya. Sialnya, saat gw beli diskonnya sudah berkurang. Quote bijak di atas memang benar. Akhirnya gw merasakan “menyesal karena tidak membeli.”

DreadOut sendiri adalah game fenomenal buatan negeri kita sendiri, Indonesia. Sebuah game horror a la Fatal Frame. Di game ini, misi kita adalah berkeliling desa penuh hantu dengan bermodalkan sebuah HP yang memiliki kapasitas baterai yang besar. Ya, hantu-hantu itu takut dengan kamera dari hp ajaib ini. Gamenya sendiri bagus, grafis yang tidak terlalu buruk, dengan gameplay yang sangat menarik. Kapan lagi lo bisa main game horror dengan environment yang sehari-hari lo liat kan? Horrornya bakal lebih terasa nyata. Gw bakal bikin review game ini, tapi nanti kalau gw sudah berhasil menahan ketakutan gw ya.

The Wolf Among Us

Di hari terakhir Summer Sale, gw berencana untuk membeli satu game terakhir sebelum festival kebangkrutan ini berakhir. Pilihan gw jatuh kepada The Wolf Among Us. Game ‘visual novel’ a la barat, buatan Telltale yang sudah dikenal sebagai yang terbaik di genre ini. 

Wolf Among Us bercerita tentang spin-off dari dongeng terkenal, Red Riding Hood. Ngga tau Red Riding Hood? Liat yang pake kerudung merah di foto di bawah ini ya.

Gamenya sendiri belum gw coba sih. Tapi tenang, gw bakal bikin review-nya kalau gw udah selesai menyelesaikan salah satu jalan ceritanya.

Oke, tulisan ini sudah terlalu panjang dan gw juga masih punya PR untuk memainkan game-game ini juga.

Cek post gw tentang game lainnya di kategori game.