//Angel Stone: New Generation of Action Mobile-MMO

Angel Stone: New Generation of Action Mobile-MMO

Spread the love

Setelah sukses dengan game terdahulunya, Hello Hero. FINCON sang pengembangnya, kembali merilis game mobile dengan nama Angel Stone. Namun kali ini, mereka menawarkan tema dan gameplay yang cukup jauh berbeda. 

Angel Stone adalah game mobile bergenre Action-RPG. Angel Stone mengajak kita bertualang di dunia yang kelam dan horror. Terdengar berbeda sekali kan dengan Hello Hero yang dipenuhi dengan karakter-karakter lucu dan imut. 

Perbedaan lainnya adalah jumlah karakter yang bisa kita mainkan. Hello Hero menawarkan banyak sekali karakter yang bisa dimainkan, karena konsepnya pun adalah game mobile Strategy-RPG. Sementara di Angel Stone, kalian hanya bisa memilih untuk memainkan salah satu dari 3 class yang tersedia. Tiga class yang bisa lo pilih adalah Berserker (Melee Fighter), Gunslinger (Ranged class) dan Shadow Mage (Mid-ranged Magic).

Grafis yang dimiliki oleh Angel Stone sangat bagus untuk sebuah game mobile. Desain setiap karakter dan monster terlihat cukup detil dan halus. Didukung juga dengan animasi skill yang keren-keren. Pastinya bakal ngebuat lo betah untuk mantengin game ini. 

Walaupun game ini adalah game action, kontrol game ini cukup sederhana. Buat lo yang nggak terbiasa dengan game action di hape, Angel Stone menawarkan fitur auto-targeting untuk memudahkan lo mengendalikan karakternya. Buat lo yang memang doyan game action di hape, jangan kecewa dulu, karena lo bisa men-disable fitur tersebut dan kontrol karakter lo dengan D-Pad a la game mobile. Oh ya, fitur lainnya yang cukup unik adalah lo bisa mengeluarkan skill dengan menggunakan kontrol gestur. Yap, dengan swipe atas, bawah, kiri maupun kanan lo bisa mengeluarkan skill-skill yang sudah lo atur sebelumnya.

Untuk gameplay, Angel Stone menggunakan sistem dungeon untuk menaikkan level dan meningkatkan proggress karakter kalian. Basi? Jangan kecewa dulu, karena lo juga bisa party dengan pemain lain. Biasa aja? Tentu nggak, karena lo party dengan pemain secara langsung, bukan karakter lain yang dikendalikan oleh A.I., melainkan karakter yang benar-benar dimainkan oleh pemiliknya. Yap, jadi setiap lo menyelesaikan act, akan ada dungeon spesial terbuka dan lo bisa menyelesaikannya bersama party berjumlah 3 orang. 

Yang paling gw suka dari Hello Hero dahulu adalah fitur cross-platform-nya. Yap, FINCON memberikan layanan yang sama pada game ini. Jadi, lo bisa memainkan Angel Stone ngga hanya di perangkat mobile lo saja, lo juga bisa login dan bermain di PC melalui Facebook. Oh ya, karena Angel Stone menggunakan engine Unity, kalian harus menggunakan browser yang mendukung Unity. (Note: Sejak 14 April 2015, Unity Web Player tidak dapat digunakan lagi di Google Chrome)

Verdict

Graphic (9/10) : Grafis detail dan animasi keren, lengkap dengan desain monster-monster yang seram.

Gameplay (8/10) : Dungeon-based standar dilengkapi dengan fitur party bersama ‘orang beneran’.

Control (9/10) : Casual-friendly control? Checked. Hardcore-gamer control? Checked. Semua bisa lo pilih sesuai selera lo di menu gameplay.

Performance (3/10) : Dengan semua fitur dan grafis yang ditawarkan, tentu saja game ini menuntut kinerja berlebih dari smartphone lo. Di smartphone mid-end gw dengan prosesor quad-core dan RAM 2 GB, terkadang masih suka ‘freeze’ atau lag. Selain itu, total space yang digunakan sekitar 750an MB.

Overall (7.5/10) : Game dengan grafis keren dan gameplay yang seru. Bisa dibilang Angel Stone adalah terobosan yang cukup unik di dunia game mobile. Sayangnya, dengan grafisnya yang bagus dan fitur yang cukup banyak. Membuat game ini membutuhkan perangkat yang di atas rata-rata. Tapi, dengan layanan cross-platform lo tetap bisa memainkan game ini di PC melalui Facebook.

Cek juga review gw tentang game mobile lainnya.