//DotA 2 Reborn: Second Week

DotA 2 Reborn: Second Week

Spread the love

Masih dalam seri DotA 2 Reborn, akhirnya Valve memberikan teaser bagian keduanya. Kali ini, Valve mengenalkan fitur favorit anak-anak yang biasa disebut ABD (Asal Bukan Dota) di private server Warcraft III dulu, Custom Game.

Kalau lo belum baca bagian pertamanya, lo bisa cek langsung di websitenya Dota 2 Reborn Part 1 atau versi bahasa Indonesianya dari gw di Dota 2 Reborn : First Week

Seperti sebelumnya, gw bakal coba bantu lo buat ngasih sneak peek mengenai Dota 2 Reborn Part 2. Lo bisa klik linknya untuk langsung ke page resminya. Tapi kalau lo nyari versi Bahasa Indonesia atau lo emang suka aja baca tulisan gw, yuk kita bahas di sini.

Custom Game

Mungkin lo inget nama-nama custom map populer seperti Pudge Wars, Castle Fight atau mungkin Hero Siege? Ngga? Oke.

Custom Map awalnya kita kenal sebagai map hasill ‘modding’ pemain Warcraft III yang dapat dimainkan di private server battlenet dulu. Tentunya, DotA Flinstone (DotA 1) juga salah satu dari Custom Map itu. Nah, Valve mencoba mengimplementasikan ide Custom Map itu ke engine DotA 2 dan diberi nama Custom Game. 

Penerapan Custom Game ini sebenarnya sudah cukup lama. Hanya saja sebelumnya Custom Game hanya bisa dimainkan jika kalian sudah menginstal client dota 2 workshop.

Akhirnya, di DotA 2 Reborn ini Valve menerapkannya untuk umum dan akan langsung bisa kita akses dari Dashboard terbaru nantinya. Lo bisa liat video teasernya di bawah ini.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=8Kqap9-NWD8?feature=oembed&w=540&h=304]

Video di atas menampilkan 2 Custom Game yang dipromosikan pada pembukaan Custom Game kali ini. Yang pertama adalah Overthrow, Custom Game buatan Valve sendiri yang nanti gw bahas di bawah dan Pudge Wars yang sudah dikenal para pemain DotA Flinstone.

Familiar dengan lobby di atas? Yap, Custom Game akan menyediakan fitur Lobby untuk memudahkan lo cari game yang lo pengen main, atau lo juga bisa membuat room lo sendiri. Selain itu, karena ini berada di dalam DotA 2, lo bisa watch Custom Game yang lagi dimainkan temen lo atau pemain lain. Jadi, lo bisa cek dulu kira-kira Custom Gamenya cocok ngga nih sama lo. Beda tipis lah sama nyari istri.

Overthrow

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=F2O4g9dCpJ0?feature=oembed&w=540&h=304]

Custom Game pertama yang dikenalkan oleh Valve kali ini adalah Overthrow. Sebuah game yang nampaknya bakal super rusuh. Pemain akan dibagi menjadi 5 tim dan yang harus lo lakuin cuma perlu jalan ke tengah map untuk mendapatkan EXP dan Gold yang lebih tinggi. Oh, tentunya tim lain juga akan melakukan hal yang sama dan pastinya lo bakal saling membunuh di sana. 

Map yang terdengar sangat menarik buat lo yang ngga betah dengan ritual standar DotA seperti farming, leveling dan ujung-ujungnya dimarahin temen karena hero lo ngga ‘jadi’. Di sini lo cuma tinggal masuk dan langsung membunuh satu sama lain. Simple dan pastinya bakal fun banget.

Developer Tools

Sama seperti Custom Map di Warcraft III, Custom Game dari Valve juga akan memberikan kita kesempatan untuk membuat Custom Game versi kita sendiri. Valve sudah menyediakan Developer Tools yang sangat lengkap buat lo coba.

Ribet? Pusing? Sama, gw juga pusing. Developer Tools ini memang dibuat untuk mereka yang sudah paham dengan script-script yang bikin vertigo dan mereka yang mengerti desain. Kita sebagai penikmat sih nunggu aja lah ya, map-map unik dan seru dari rekan-rekan developer kita yang kreatif. Tapi kalau lo mau iseng coba ngga ada salahnya kok, nanti.

Kesimpulan

Lagi-lagi ini terobosan yang bagus dari Valve, mengingat DotA 2 sudah 5 tahun hanya mengenalkan 1 jenis map utama saja. Dengan Custom Game ini, DotA 2 juga bisa menggaet pemain-pemain yang sudah jenuh, jengah, kita temenan aja, kamu terlalu baik buat aku dan alasan lainnya untuk ngga main DotA 2. Oh, Valve juga bilang, kalau mereka akan merilis Custom Game resmi Valve lainnya seperti Overthrow beberapa minggu ke depan. Jadi, kita tunggu aja Custom Game dengan objektif menarik lainnya dari Valve. 

Yang pasti, dengan fitur ini, Valve menjawab sentimen negatif dari haters-nya yang bilang, “DotA 2 cuma punya satu map.”

Cek info moba lainnya juga di sini.