//Heroes of the Storm: Blizzard’s counter-attack to MOBA scene

Heroes of the Storm: Blizzard’s counter-attack to MOBA scene

Spread the love
image

Heroes of the Storm baru aja menyelesaikan turnamen yang cukup besar, Heroes of the Dorm. Sebuah turnamen untuk mahasiswa yang mewakili universitas di seluruh US. Yang membuat turnamen ini semakin spesial adalah putaran finalnya ditayangkan di ESPN2, ya sebuah jaringan TV nasional besar di US, dan Heroes of the Storm menjadi game eSports pertama yang ditayangkan di TV nasional US, dan kali ini gw mau ngebahas apa aja kelebihan game ini, yang menunjukkan kalau game ini keren dan beda dari MOBA lainnya.

Oh ya, gw player DotA sejak tahun 2005, yap 10 tahun, dan gw juga seorang blizzard-fanboy, gw fans berat Diablo series dan Warcraft series, lo bisa liat di tulisan gw ini. Jadi, gw bakal berusaha seobjektif mungkin, dan gw ga akan ngebahas kekurangan HotS, ngebandingin sama DotA, apalagi nge-bash Dota. Di sini cuma mau bahas apa aja kelebihan HotS yang membuat mereka keren.

Pertama kali tanggal rilisnya HotS diumumkan (jauh setelah teaser pertamanya) oleh blizzard, gw agak sangsi, karena waktu itu, sedang menjamurnya game-game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) mulai dari yang jelek, sampe yang lebih jelek, semua ini efek dari kesuksesan DotA dan LoL di kala itu. Gw bertanya-tanya, “Why MOBA blizz, why? Why there’s no cutting-edge invention from the so-called blizzard, why?” Yak itu yang terus yang berputar di kepala gw setiap liat artikel game ini.

Sampai saat akhirnya Alpha Test dimulai dan gw mencoba game ini. Hasilnya, gw semakin kecewa.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=QGeTE5oXnl8?feature=oembed&start=301&enablejsapi=1&origin=https://safe.txmblr.com&wmode=opaque&w=540&h=304]

“Damn, again blizz, you dissappoint me? Why the LoL clone? If you want to copy something, at least you should just copy DotA.” Yap, persis itu yang gw pikirkan, saat gw mencoba tutorialnya dengan menggunakan karakter Raynor (of Starcraft).

Tapi semua berubah ketika gw mencoba Quick Match melawan player lain. Ini bener-bener beda. Blizzard, sekali lagi, membuat inovasi baru, yang cutting-edge, bahkan di genre yang amat sangat mainstream. Here’s why.

No Item Meta

image

Ya, lo ngga salah baca, Tidak Ada Item untuk Tante Meta, eh gw yang salah tulis maksudnya, sama sekali tidak ada build item seperti di game MOBA lainnya. Salah satu alasan utama orang-orang (terutama player DotA Flinstone, baca artikel Warcraft gw biar ngerti) enggan untuk belajar MOBA adalah “gw males belajar itemnya lagi,” atau “gw ga mau move on, gw masih sayang,” memang sulit belajar item yang biasanya ada puluhan di tiap MOBA, apa lagi belajar move on di saat lo masih sayang, itu lebih sulit, abaikan yang ke-2. Sepertinya blizzard mengerti itu dan mereka membuat game ini sedemikian rupa sehingga ngga perlu item.

Unique Talent and Skills Build

image

Untuk mengimbangi ketidakadaannya item di game ini, HotS memberikan sistem talent yang unik, di luar dari skill utama masing-masing hero. Buat lo yang pernah nyobain World of Warcraft, mungkin bakal familiar dengan sistem ini. Selain itu, lo ga perlu naikin level skill utama lo, mereka bakal naik dengan sendirinya, dan di level 10, kalian bisa memilih salah satu dari 2 Ultimate Skill yang tersedia.

Newbie Friendly

image

Walaupun banyak talent yang bisa dipilih, HotS ngga lantas membuat lo sakit kepala, mereka menawarkan learning steps yang pas. Lo ga langsung harus mempelajari semua talent itu sekaligus. Kalian bisa mempelajarinya step-by-step uhh baby, gonna get to you girl… oops sorry. Hero di game ini masing-masing memiliki level, di luar levelnya di dalam match, dan lo bakal mendapatkan talent sedikit demi sedikit (Basic, Advance, Expert talent) seiring dengan naiknya level lo. Ga cuma itu, sebagai bonus, lo juga bakal dapet bonus skin dan gold dengan menaikkan level setiap hero.

Various Maps to Choose

image

Sementara MOBA lainnya hanya menyediakan 2-4 map, HotS saat ini menyediakan 7 map yang bisa dimainkan, dengan mode/objektif yang berbeda dari setiap map-nya. Jadi, kalian bisa merasakan 7 pengalaman dan sensasi yang berbeda di setiap gigitnya, maksud gw, di setiap map. Mulai dari a la capture the flag, ngumpulin koin untuk mendapatkan benefit, sampai ngumpulin tengkorak untuk bisa memanggil golem yang bisa bantu lo hajar musuh lo. Perlu gw ingatkan, ini masih fase beta dan bakal banyak lagi map yang ditambahkan saat game ini full release nantinya. Heroes of the Storm bakal rilis tanggal 2 Juni 2015.

Heavy Team Fight-centric

image

Di HotS, ngga ada istilah nyampah/kill steal/kill bill/kill la kill atau semacamnya. Inget kan kalau ngga ada item di game ini? Jadi ngga ada gold bounty dari membunuh minions atau heroes. Jadi, setiap ada hero kill atau creep kill, lo cuma bakal dapet EXP, dan itupun dibagi ke seluruh team, paling cuma masuk stat ‘Takedown’ aja, dan di stat itu, juga dimasukkan angka seberapa banyak kalian menghancurkan building. Jadi, lo yang carry ngga perlu khawatir frag lo diambil sama support, dan kalian yang support ngga perlu sedih karena ngga dapet kill, semua sama di sini, ngga ada mamah beda-bedain anaknya, oke ngelantur. 

Di sini, karena setiap map ada objektif masing-masing, lo bakal amat sangat kesulitan kalo kalian bergerak sendiri, dan ga mau diatur, emang sih cowo ga suka diatur-atur, tapi please di game ini lebih baik bareng, kecuali kalian class specialist dan hanya di map-map tertentu. Setiap objektifnya harus dikerjakan bersama-sama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

It’s Blizzard!

image

Yup, karena ini game badai salju! Iya, lame puns, gw ulang lagi. Ini game dari Blizzard! Developer dibalik game-game sensasional seperti Diablo, Warcraft series, StarCraft series, dan lain sebagainya. Karena blizzard yang memiliki license resmi dari semua jagoan dari game title yang gw sebutin sebelumnya, maka HotS ini berisikan jagoan-jagoan favorit kalian dari masing-masing universe game-nya, and it’s a lot. Jadi, kalian bisa memainkan karakter Illidan ‘yang sebenarnya, Arthas dengan Frostmourne ‘yang asli’ atau Thrall yang bukan support, melainkan jadi carry (assassin class kalau di HotS) jagoan seperti seharusnya seorang Warchief.

Kalau lo udah bosen sama game-game MOBA yang ada sekarang, atau kalian merasa terlalu tua atau pusing melihat puluhan bahkan ratusan item yang harus diingat, sementara untuk ingat nomor ponsel pacar pun sulit kalo punya pacar, lo harus cobain game ini. Kalau ada fitur keren yang kelewat sama gw di artikel ini, infoin ke gw ya.