//How to HotS #1: Class

How to HotS #1: Class

Spread the love
image

Hai new Heroes dan calon Heroes. Dalam rangka sosialisasi Heroes of the Storm di Indonesia. Gw akan membuat post series #HowtoHotS. Sesuai namanya, gw bakal kasih guide singkat dan (mudah-mudahan) jelas tentang cara main HotS (Heroes of the Storm).

Di seri pertama ini, gw bakal ngebahas yang paling dasar, Class. Kenapa Class paling dasar? Kenapa ngga cara install? Kenapa ngga cara download? Kenapa dia masih ngegantungin gw? Kenapa kita cuma temenan? Padahal. Oke, gw ngga tau jawaban 2 pertanyaan terakhir, tapi kenapa gw pilih bahas Class duluan, karena sebelum lo mulai main setelah tutorial, hal pertama yang lo lakuin adalah memilih Hero. Nah pembagian Class ini adalah hal paling dasar dari semua. Karena kalo bahas per hero bakal panjang juga, jadi mending lo pilih berdasarkan tipe hero yang cocok sama lo.

Heroes of the Storm memang MOBA/Hero Brawler yang sangat mirip dengan RPG. Dari 4 Class yang tersedia, kita bisa lihat persamaannya. Warrior (Tank), Assassin (DPS), Support (Healer) dan Specialist (Spesialis). Eh? Kok Specialist itu spesialis? Itu kan cuma terjemahan? Iya. Gw bakal bahas lebih detail di bawah ya. Oh ya, gw juga bakal menggunakan istilah-istilah class dari game lain. Jadi, para fanboy jangan sensi duluan ya. Ini untuk membantu rekan-rekan kita dari game lain untuk lebih memahami HotS ini.

Warrior (Tank/Badak/TB) 

image

Warrior di HotS adalah Tank atau petarung yang memiliki defense dan/atau HP yang di atas rata-rata Class lain. Tugasnya, tentu saja sebagai karakter yang berada di lini terdepan saat perang. Selain itu, kebanyakan Warrior juga bertugas untuk memulai (initiate) setiap pertarungan besar di dalam match. Warrior dalam HotS tidak selalu mengandalkan HP yang besar saja. Beberapa hero punya skill yang cukup berbeda untuk dapat bertahan lebih lama dalam battle. Seperti Johanna yang memiliki shield super besar, ETC yang mengandalkan regenerasi HP, Arthas dengan Heal dan Life-leech (life-steal) yang besar dan masih banyak warrior unik lainnya.

Honorable Mention 

Dengan sistem talent yang unik di setiap hero, membuat karakter-karakter HotS tidak terpaku dengan role utamanya saja. Beberapa hero (semua Class) memiliki peran yang bisa dibilang Hybrid. Gw akan membahas di masing-masing Class pada segmen Honorable Mention. Yang gw italic adalah kontribusi dari teman-teman di grup HotS-ID.

  • Sonya (Warrior/Assassin) : Walaupun Class ‘resmi’-nya adalah Warrior. Sonya memiliki beberapa talent yang menambah basic attack dan damage skillnya. Sehingga damage yang dihasilkan Sonya tidak kalah dengan Class Assassin.
  • Anub’arak (Warrior/Specialist) : Dengan trait-nya, Anub’arak bisa menghancurkan bangunan musuh dengan cepat bersama para Scarab hasil summon-nya.

Assassin (Carry/DPS/Killer/Tukang Pukul)

image

Ini dia Class favorit buat orang-orang yang hobi tampil, terkenal dan jadi bintang. Walaupun ga semua orang penggemar Class ini seperti itu, tapi Class ini memang selalu terlihat keren. Karena tugas utamanya adalah membunuh lawan. Kok ngebunuh keren? Coba bandingkan 2 pernyataan di bawah ini :

 “Gila, tadi gw berhasil nyelametin temen gw dari kematian 10 kali bro!” 

Bandingkan dengan,

Gw ngekill 20 tadi!

Tentu kebanyakan pemirsa memilih pernyataan kedua. Kenapa? Walaupun di HotS tidak ada statistik kill, tapi ada statistik Takedown. Takedown didapat dengan berpartisipasi dalam membunuh atau menghancurkan bangunan, bukan menyelamatkan orang. Blizzard pun menyetujui, karena hingga saat ini jumlah hero Assassin adalah yang terbanyak dibanding Class lainnya.

Seperti Class lainnya, masing-masing Assassin juga memiliki cara membunuh yang berbeda. Ada hero-hero yang memiliki skill-skill untuk membunuh dengan instan seperti Nova dan Zeratul. Ada juga hero yang tidak membunuh secara langsung tapi memiliki damage yang perlahan-lahan semakin menyakitkan. Contohnya Illidan dan Valla.

Perlu diingat, di HotS tidak ada istilah frag/kill. Yang memberikan last-hit/killing blow pun tidak mendapatkan extra gold maupun extra EXP di sini. Jadi, jangan coba-coba kill-steal (nyampah) ya di sini. Karena anak mama semua sama, ngga ada mama beda-bedain anaknya. Mau kakak, mau ade, semua sama.

Honorable Mention

  • Thrall (Assassin/Warrior) : Self-heal dari skill trait yang dimiliki Thrall membuatnya memiliki endurance lebih tinggi dibanding Assassin lainnya. Di level tinggi, Thrall bisa tank Golem/Boss hanya dengan bantuan 1 hero lain, tanpa support.
  • Raynor (Assassin/Specialist) : Raynor memiliki 2 talent yang biasanya ada di hero-hero Specialist, yaitu Recruit (improvement dari bribe) dan Mercenary Lord. Sehingga Raynor bisa beraksi layaknya specialist, dibantu dengan Heroic Skillnya.

Support (Healer/Buffer/Not-a-ward-or-courier-buyer)

image

Class buat lo yang baik hati, berjiwa penolong, welas asih dan rajin menabung. Oke lupakan yang terakhir. Jadi, seperti namanya, hero ini bertugas sebagai support yang membantu tim dengan caranya masing-masing.

Tipe-tipe support pun cukup berbeda. Ada yang memanfaatkan heal layaknya support pada game-game lain seperti Uther. Berbeda dengan Tassadar yang tidak memiliki basic skill heal, tetapi punya shield yang sangat besar. Adapun tipe buffer seperti Rehgar dengan skill bloodlust-nya.

Honorable Mention

  • Tyrande (Support/Assassin) : Memiliki trait Hunter’s Mark yang meningkatkan damage yang diterima target. Tyrande bisa membantu rekan setim maupun dirinya sendiri untuk bisa membunuh musuh dengan cepat. Ditambah talent-talentnya yang juga bisa meningkatkan basic attack.
  • Tassadar (Support/Assassin) : Sempat menjadi perdebatan di grup HotS-ID mengenai role hero ini. Tassadar memang memiliki damage di atas rata-rata para support namun memiliki heal yang sangat minim. Membuat Tassadar lebih terlihat sebagai seorang Assassin dengan talent-talent dan Heroic yang ia miliki.
  • Uther (Support/Warrior) : Hero yang memiliki basic heal (non-heroic skill) paling besar saat ini. Uther juga memiliki HP dan defend yang melebihi rata-rata support lain. Membuat Uther bisa bertindak sebagai tank pengganti.

Specialist (Spesialis)

image

Specialist merupakan hero spesial yang unik dan kebanyakan tidak memiliki kedekatan role dengan hero dari MOBA lainnya. Namun, pada umumnya Specialist bertugas untuk menghancurkan bangunan musuh karena para Specialist memiliki daya gedor/daya hancur ke non-hero yang lebih besar dibanding Class lainnya. Para Specialist juga memiliki skill-skill yang membantu mereka untuk melawan mercenary serta memanfaatkan potensi mercenary secara maksimal. 

Honorable Mention

  • Abathur (Specialist/Support) : Selain bisa menghancurkan bangunan dengan menggunakan summonnya. Tugas utama abathur adalah menggunakan skill Symbiote ke salah satu hero dalam tim untuk membantu hero tersebut. Abathur bisa memberikan buff seperti shield, meningkatkan attack speed dan movement speed dan kelebihan-kelebihan lainnya. Kalau lo setim dengan Abathur, jangan dimarahi kalau dia cuma diam di belakang tower atau base ya. Karena hero ini bekerja dari jauh dan semua skillnya bisa di-cast dari jauh (global). Oh ya, perhatikan juga, kalau dia hanya diam dan tidak berubah menjadi seperti telur, berarti dia benar-benar AFK. Report dia!
  • Sgt. Hammer (Specialist/Assassin) : Dengan bentuk yang unik, menaiki tank. Sgt. Hammer memiliki basic attack yang besar saat dia berganti mode ke Siege Mode. Berbeda dengan specialist lainnya yang hanya ‘sakit’ ke non-hero, damage Sgt. Hammer sama besarnya ke hero maupun non-hero. 
  • Sylvanas (Specialist/Assassin) : Walaupun kemampuan utamanya sangat nge-’define’ hero ini, yaitu semua serangannya (skill/basic attack) memiliki efek stun ke non-hero. Sylvanas juga memiliki damage yang ngga kalah besar ke Hero. Kalau lo build Sylvanas untuk lebih ngedamage hero, Sylvanas lo bakal punya damage ke hero yang ngga kalah sakit dengan Assassin lainnya.

Oke. That’s all for #HowtoHotS : Class. Kalau lo ada pertanyaan atau ngga paham dengan penjelasan gw. Lo bisa main ke grup HotS-ID dan tanya-tanya dengan para master disana. 

Ikutin terus tag #HowtoHotS untuk tetap terupdate dengan series ini.