//How to HotS #3: In-game mechanics

How to HotS #3: In-game mechanics

Spread the love

Heroes, kembali lagi di series #HowtoHots. Series yang bakal membuat lo para newbie dan yang baru ingin mencoba Heroes of the Storm (HotS). Jadi lebih nge-HitS di HotS. Pada bagian ketiga ini, gw bakal ngebahas tentang segala sesuatu yang lo temuin di dalam match. 

Setelah sebelumnya kita sudah ngebahas tentang Class dan Game Modes, sekarang waktunya kita cari tahu tentang segala sesuatu yang ada di dalam battle/in-gamenya. Mulai dari Hero sampai bangunan-bangunan yang ada.

Heroes

Paling pertama tentu saja karakter yang lo pilih untuk memainkan game ini. Hero adalah sebutan untuk karakter yang lo pilih saat bermain. Hingga saat ini total ada 38 hero. Namun, berbeda dengan DotA yang lo bisa langsung cobain semua hero. Di HotS lo harus membeli hero lo dengan menggunakan Gold atau real-money. Susah dong? Tenang, setiap minggunya bakal ada 7 hero yang bisa lo gunakan gratis. Rotasi hero gratis ini akan diupdate setiap minggu. Jadi lo bisa mencoba hero-hero yang kira-kira lo suka sebelum lo memutuskan untuk membelinya.

Objectives

Setiap map/battleground yang ada di HotS memiliki misi yang berbeda-beda. Mulai dari menguasai tower-tower a la capture the flag. Hingga battleground ‘Pay 2 Win’. Kok Pay 2 Win? Informasi lengkap soal battleground bisa langsung lo cek di post Objectives Know-how.

Structures

Seperti game MOBA lainnya, HotS juga memiliki bangunan-bangunan yang membantu para Hero bertarung. Bangunan dalam battle bisa dibilang terbagi menjadi dua, yaitu bangunan tim dan bangunan netral. 

Bangunan Tim

Source

  • Gate merupakan garda pertahanan pertama dari setiap tim. Gate bakal menghalangi team lawan untuk memasuki area tim lo sebelum dihancurkan. Tapi, team lo tetap bisa melewati gate lo sesuka hati kok.
  • Cannon Tower adalah bangunan offensive yang membantu lo untuk menyerang musuh yang mendekat. Berbeda dengan MOBA lainnya, semua bangunan offensive dalam game ini memiliki amunisi terbatas dan akan terisi kembali setelah beberapa saat. Jadi, jangan biarkan lawan lo terlalu sering mendekati tower lo kalau ngga mau tower lo kehabisan amunisi. Perlu diingat, kalau lo menghancurkan tower tapi belum menghancurkan gate, area ‘bekas’ hancurnya tower tidak akan hilang sampai gate yang terhubung juga hancur.
  • Wall memiliki fungsi yang berbeda tipis dengan Gate. Wall juga berfungsi untuk menghalangi lawan dari memasuki area pertahanan lo. Bedanya, wall tidak dapat lo lewati sesuka hati dan memiliki HP yang jauh lebih kecil dibanding Gate lo. 
  • Fountain berguna untuk mengisi hp dan mp lo. Yap, sama fungsinya dengan healing well di game Warcraft 3. Fountain memiliki cooldown selama 100 detik per hero. Berlaku untuk semua fountain. Artinya, kalau lo sudah gunakan satu, cooldown di fountain yang lain juga akan aktif.
  • Fort adalah bangunan utama di barisan depan area tim lo. Fort juga memiliki kemampuan menyerang seperti Cannon Tower. Tapi, fort memilki damage yang lebih tinggi dan serangannya memiliki debuff slow. 
  • Keep memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan Fort, hanya saja Keep berada di area base tim lo. Menghancurkan base musuh akan membuat minion tim lo lebih kuat dan tim lo bakal mendapatkan unit baru, yaitu Catapult.
  • Core adalah target utama dari game ini. Walaupun ada berbagai macam objective yang berbeda di setiap map, tetapi tujuan utama lo tetap menghancurkan Core. Core tidak dapat terkena debuff-debuff khusus structure yang dimiliki beberapa hero. Selain itu serangan Core juga dapat memantul ke beberapa target. Serta damagenya juga sangat, sangat besar. Jadi, kalau lo kehabisan minion atau tidak cukup kuat untuk tank Core musuh, baiknya lo ikhlasin aja, mungkin memang sudah jalannya. Hmm, maksud gw sih, baiknya lo mundur dulu untuk mengatur strategi kembali.

Bangunan Netral

  • Camp, mungkin kalau lo sudah mencoba MOBA lainnya, lo akan mengenalnya sebagai creep hutan/jungle creeps/momon hutan/mantan/dsb. Sama sih, bedanya di HotS, creep hutan yang lo kalahkan bakal membantu lo untuk menyerang musuh. Lane yang diserang adalah lane yang terdekat dengan lokasi musuhnya. Camp di HotS pada umumnya terbagi menjadi 2; 1) Siege Camp yang memiliki kemampuan lebih untuk menyerang bangunan musuh dan 2) Bruiser Camp yang biasanya memiliki hp dan damage lebih tinggi dibandingkan Siege Camp. Pada battleground tertentu, terdapat Boss Camp yang memiliki HP dan Damage sangat besar. Mengalahkan Boss dan menjadikannya bantuan untuk tim lo acap kali mengubah kondisi pertandingan. Jadi, rencanakan dengan baik untuk mendapatkan Boss ya.
  • Watch Tower adalah area yang bisa lo rebut dengan berada di area tersebut untuk waktu tertentu. Watch Tower akan memberikan lo visi pada area tertentu di sekitar Watch Tower tersebut. Watch Tower ini sangat berguna, mengingat lo ngga bisa membeli item seperti Observer Ward di sini.

Minions

Eh, bukan minion yang di atas. Itu sih minion yang menjadi ‘cash-cow’-nya franchise Despicable Me. Minion yang gw maksud adalah yang biasa disebut ‘creep’ oleh para pemain moba. Setiap beberapa saat akan muncul minion di setiap tim. Ada 3 jenis minion utama, yaitu; 1) Melee Minion yang memiliki HP lebih besar, 2) Wizard Minion yang kalau lo bunuh akan menjatuhkan Health Globe yang mengisi beberapa persen HP dan MP lo, dan terakhir 3) Range Minion yang memiliki range terjauh dibanding 2 minion lainnya. Seperti yang gw sebutkan sebelumnya, setelah lo menghancurkan Keep lawan, lo bakal mendapatkan tambahan minion, yaitu Catapult. Catapult memiliki range lebih jauh dari cannon tower manapun. Jadi Catapult akan sangat membantu dalam menghancurkan bangunan lawan.

Mounts

Source

Salah satu fitur yang membuat HotS berbeda dengan game sejenis lainnya, Mount. Yap, lo bisa mengendarai mount di dalam game dengan menekan ‘Z’. Seperti di game-game MMORPG. Mount berguna untuk menambah kecepatan bergerak lo (movement speed). Tips dari gw, selalu gunakan mount saat lo mengejar musuh, lari dari musuh, mandi, pacaran dan ijab kabul. Oke 3 terakhir bisa lo lupakan. Tidak semua karakter memiliki mount. Biasanya, jika karakter tersebut tidak memiliki mount, karakter tersebut akan memiliki fitur ‘Z’ lainnya. Seperti boost movement speed atau bahkan teleport.

Gw rasa cukup untuk pengenalan mekanisme dalam game. Kalau ada yang menurut lo perlu ditambahkan atau membingungkan. Lo bisa tanya jawab sama master-master yang ada di grup Heroes of the Storm Indonesia.

Ikutin terus hashtag #HowtoHots untuk info-info asik yang bisa ngebuat lo making nge-HitS di HotS.