//Ragnarok M: Eternal Love
ragnarok m eternal love

Ragnarok M: Eternal Love

Spread the love

Pertama kali gw coba main Ragnarok Mobile yang saat itu hanya dirilis dalam bahasa China, gw udah langsung suka dengan gameplay game mobile modern dan tetap mempertahankan identitas ‘Ragnarok Online’-nya. Tapi, kala itu gw nggak menjelajah banyak karena kendala bahasa.

Begitu ada pengumuman akan dirilisnya server Indonesia. Gw tetap nggak banyak berekspektasi sih. Selain waktu main yang semakin terbatas karena gw sibuk memakmurkan kapitalis, semangat gw juga sudah berkurang. Mengingat sudah lebih dari 1 tahun sejak gw pertama mencoba game ini. Biasanya, game-game reboot/remake/rework/rese/rendi bragi seperti ini hanya menjadi pemuas hasrat nostalgia gamer-gamer tua aja.

Tapi, semua berubah ketika … bukan, negara api menyerang itu so last decade banget. Oke, semua pemikiran skeptis berubah ketika gw mencoba langsung game yang sudah di-Indonesia-kan ini tentunya. Nggak sekadar menawarkan konten Ragnarok Online yang memang berhasil menggugah kenangan lama. Apalagi setelah kekecawaan yang dibangun RO Klasiknya Gravindo.

Di tengah mobile MMORPG yang semakin hari semakin tidak-perlu-dimainkan, Ragnarok M (ROM) memberikan porsi auto-hunting yang tepat sehingga gamer nggak cepat bosan karena ‘nggak main’ dan tetap bisa membiarkan karakternya seru sendiri saat sang gamer sibuk.

Mengiringi manual-hunting yang masih bisa dinikmati ini, quest dan cerita yang ditulis juga digarap dengan sangat baik. Setiap NPC punya rasa, punya cerita yang menarik untuk diikuti. Salah satunya adalah quest utama menyelematkan kota Morroc.

ragnarok m eternal love baphomet

Kita dibawa ke perjalanan karakter kita untuk melawan Baphomet yang tentunya tak banyak yang menghadapinya di era RO awal. Walaupun cukup sulit untuk beberapa job, tingkat kesulitan di quest ini dibuat dengan tepat hingga membuat gamer tidak frustrasi. Hmm, gw sih nggak yah, nggak tau kalo kalian ngulang puluhan kali lawan Baphomet.

Masih kurang? quest Morroc ini diakhiri dengan visual yang indah lengkap dengan credits agar kalian bisa lebih menghargai para pembuat gamenya.

ragnarok m eternal love morroc

Setelah itu gamenya tamat? Tentunya nggak, kan ini game online, cuy.

Banyak daily quest dan rutinitas harian lainnya yang nggak (terlalu) membosankan. Buat penyendiri, kalian bisa mengisi waktu dengan menyelesaikan 10 daily quest setiap hari, quest Monster Resistance yang memberikan bonus EXP cukup banyak. Terakhir, grinding ditinggal tidur/makan/kerja/ngaji/maingamelain/menyelamatkandunia tentunya.

Punya temen banyak? Lebih banyak lagi yang bisa lo lakukan. Level 52, lo bisa mulai panjat sosial Endless Tower sampai puncak tertinggi yang mengalahkan Eiffel-nya Melia Sejahtera. Punya Guild? Lo bisa memanfatkan Dojo dan fasilitas lainnya seperti kamar mandi dalem, tidur di luar, AC, tapi belum termasuk listrik. Masih punya banyak waktu luang? Ada rift dan challenge lainnya.

ragnarok eternal love endless tower

Bosen hunting? Lo bisa mulai berburu MVP yang, dengan bermodalkan 119k per bulan, sudah punya jadwal tetap seperti janji lo sama klien tadi pagi. Monster terus? Ya hajar PvP lah! Fitur PvP di ROM juga nggak kalah seru kok sama PvP di RO.

Bunuh-bunuhan melulu setiap hari sih lama-lama bosen juga. ROM juga menyediakan tantangan lainnya. Yap, fitur Exchange atau jual-beli. Di game ini, harga barang-barangnya sudah ditentukan secara otomatis namun tetap fluktuatif tergantung tingkat supply dan demand-nya. Lalu, tentunya ada lelang yang kemarin berhasil membuat game ini viral dengan kuda virtual seharga 990 juta itu. Lelang seperti itu memang dikontrol dari publishernya langsung dan penjualan langsung masuk ke kantong publisher. Nggak, di sini sayangnya nggak ada celah untuk pencari receh lewat jual mata uang.

ragnarok m eternal love exchange

Sebenernya masih banyak sih fitur lain yang bikin game ini tetap membuat para gamer tua, gamer baru, dan gamer mobile pada umumnya belum uninstall game ini. Tapi, lo coba aja lah sendiri ya.

Yang pasti sih, game ini memang datang di era yang tepat. Rentang waktu yang cukup sehingga para gamer tua yang dulu mengorbankan waktu, harta, bahkan cinta untuk game ini. Bisa kembali menghidupkan memori indahnya tanpa harus mengorbankan waktu dan cinta lagi. Karena sudah terbantu dengan fitur-fitur mudah era modern ini.

Yah, paling harta sama data aja sih kalo sekarang. Itu udah nggak bisa dihindari lagi.

Terima kasih buat Hyung gw, Satorare yang bersedia menyumbangkan screenshot dan mengizinkan gw untuk menggunakannya.