//One Cut of the Dead
one cut of the dead zombie

One Cut of the Dead

Spread the love

One Cut of the Dead seperti meludahi film-film zombie medioker lain. Dengan budget rendah dan tanpa Brad Pitt, Shinichirou Ueda berhasil membuat film zombie yang cerdas dan menyenangkan untuk ditonton.

Kalau lo nonton film ini tanpa melihat sinopsis, trailer, spoiler, review, contekan, salinan, rekanan, makanan, atau apapun yang bisa memberikan lo informasi tentang film ini. Pasti lo bakal bingung dan (mungkin) akan akan terganggu dengan ‘aneh’-nya film ini. Jangan khawatir, di 37 menit pertama memang lo akan diberikan footage sebuah film zombie low-budget yang dibuat dengan ‘sekali cut’ atau one cut.

via GIPHY

Yap, setelahnya bakal ada kisah dibalik pembuatan film one cut ini. Kisah film unik ini berawal dari Sutradara Higurashi yang ditawari untuk membuat proyek gila; sebuah film zombie yang akan ditayangkan live di TV dan tanpa berhenti alias one cut. Apalagi, Sutradara Higurashi bukanlah sutradara film.

Well, ternyata kegilaan itu bukan hanya di ide filmnya aja, pemilihan cast yang dipilih produsernya pun sangat tidak sesuai dan penuh dengan keanehan masing-masing krunya. Sampai di sana aja? Nggak. Permasalahan semakin banyak dan semakin kacau ketika hari H penayangannya.

Film ini adalah komedi satire dari sebuah pembuatan film, terutama film zombie. Menceritakan seberapa sulitnya menyatukan attitude para kru film dan para pemerannya. Tentang seberapa semena-menanya pemegang modal. Semua dikemas dengan narasi yang cerdas dan tetap dibumbui drama yang tetap mengharukan, khas film Asia Timur.

Verdict

Bermodalkan budget yang nggak sampe 400 juta rupiah dan cast yang tidak terkenal, film ini berhasil memberikan pengalaman film zombie yang unik dan cerdas. Cocok buat lo yang capek sama film zombie yang makin hari makin ‘seragam’.

8.5/10