//The Incredible Hulk (2008): The Incredibly Badass Agent Green

The Incredible Hulk (2008): The Incredibly Badass Agent Green

Spread the love
image

What? Marvel lagi? Ya, setelah nonton Avengers : Age of Ultron untuk kedua kalinya, gw jadi penasaran dengan film-film pendahulunya, salah satunya The Incredible Hulk. Dibintangi salah satu aktor favorit gw Edward Norton, yang dikenal dari film Fight Club, American History X atau yang terbaru Birdman. Pertanyaannya, apa dia cocok main film superhero?

Sebelum kita jawab pertanyaan sebelumnya, mari kita berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, eh ngga maksudnya mari kita bahas filmnya dulu. 

Film dibuka dengan scene eksperimen Dr. Bruce Banner dan Dr. Elizabeth Ross terhadap Bruce Banner sendiri, yang menjadi backstory terciptanya Hulk. Diperlihatkan kalau eksperimen ini memberikan hasil yang tidak sesuai dengan ekspektasi dan mengakibatkan Hulk menghancurkan laboratorium tersebut dan menyerang ilmuwan-ilmuwan yang ada di sana, termasuk Elizabeth Ross. Setelah menghancurkan semuanya, Hulk melarikan diri.

The Incredible Hulk menceritakan tentang perselisihan Bruce Banner dengan musuh bebuyutannya, Jendral “Thunderbolt” Ross, mengenai radiasi Gamma yang terjadi pada Bruce Banner. Bruce Banner, sebagai seorang ilmuwan, menganggap apa yang terjadi padanya, merupakan ancaman bagi kemanusiaan dan harus segera dilenyapkan. Sebaliknya, Jendral Ross, sebagai Jendral Militer yang gila perang, justru ingin memanfaatkan anomali yang terjadi pada Bruce Banner sebagai senjata. Jendral Ross mengupayakan segala cara untuk bisa menangkap Bruce Banner dan mendapatkan data yang cukup, sehingga dapat mereproduksinya sebanyak mungkin.

Penampilan Edward Norton di sini cukup baik, dengan kemampuan aktingnya yang tidak perlu dipertanyakan lagi, dia berhasil memerankan Bruce Banner yang jagoan, ya jagoan. Mungkin lo lebih mengenal karakter Hulk dari Mark Ruffalo di seri Avengers, yang digambarkan sebagai seorang ilmuwan sejati, dengan akting dan penampilan yang sangat, nerd. Sangat berbeda dengan Bruce Banner yang ditampilkan oleh Edward Norton, yang terkesan keren, badass, dan lebih mirip seorang agen rahasia di film-film seperti Bourne atau James Bond. Namun, hal itu sama sekali tidak lantas membuat film ini buruk, sama seperti Constantine-nya Keanu Reeves, tidak sama dengan komik, tapi kalian bisa lihat seberapa kerennya mereka memerankan karakter masing-masing. Oh ya, melihat penampilan Edward Norton disini, sekarang gw tau kenapa di Avengers dia harus digantikan dengan Mark Ruffalo. Pasti karakternya bakal overlap dengan Tony Stark-nya Robert Downey Jr.

The Incredible Hulk juga menampilkan musuh Hulk lainnya yang tidak kalah kuat, Abomination, salah satu monster hasil radiasi sinar Gamma lainnya, dengan dosis dan racikan yang sedikit berbeda dengan Hulk.

image

Verdict

Sebuah standalone movie dari Hulk yang cukup baik dan seru untuk ditonton. Terlepas dari penggambaran Bruce Banner oleh Edward Norton yang terlihat terlalu keren disini, sebagai sebuah film action, ini adalah film yang menghibur dan asik untuk ditonton. Apalagi kabarnya Hulk-nya Mark Ruffalo tidak akan ada standalone movie-nya.

Score : 7/10

PS : Di akhir film ada cameo dari Tony Stark.